Selasa, 05 Maret 2013

About FanFiction

WHAT IS FANFICTION?

Fanfiction, atau biasa disebut FF, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan
kisah, karakter, atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film, komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic mnyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.
Plot sebuah fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis fanfic adalah "What if..." atau "Bagaimana jika...". Dengan konsep itu fan bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka. anfic menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang fans disamping proyek lain seperti membuat wallpaper, srap book, craft design, atau art work lainnya yang menyangkut bintang atau karakter pujaannya.
Untuk menghindari tunttan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencanumkan kategor 'Fanfic" dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penlis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan "peringatan" atay variasi-variasi ekperimen yang dia gunakan dalam fanficnya.

Pelengkap yang ada dalam sebuah fanfic, antara lain:

1. RATING
Rating adalah klasifikasi berdasarkan adegan, penggunaan bahasa, dan unsur-unsur lain yang berada dalam sebuah fanfic. 
Rating yang digunakan secara keseluruhan (Indoneia dan Internasional).
a. G = General
b. PG-13 = Parent's Guidance 13
c. PG-1 = Paren's Guidance 1
d. NC-21 = no Child 21
e. R = restrited
f. T = teenager
g. M = mature

2. LENGTH (panjang suatu Fanfiction)
a. Drabble
Terdiri dari 100-200 kata. Meskipun tidak tepat jumlahnya 100-200 kata, yang penting Drabble itu sangat pendek.
b. Ficlet
Lebih panjang dari drabble, tapi masih cukup pendek. Lebih pendek dari Oneshoot yang bisa mencapai 1000-2000 kata atau lebih.
c. Oneshoot
Dalam dunia penulisan biasa, Onesoot dikenal sebagai cerpen. Jumlah kata bisa beribu-ribu, asal langung tamat.
d. Double Shot / twoshoot
Cerita yang terdiri atas dua part/Chapter.
e. Short Story
Cerita bersambung yang hanya memiliki chapter.section.part lebih edikit daripada 'Chaptered Fic'. Short Story biasanya terdiri dari 4- shot saja.
f. SongFic
Cerita yang dituliskan dari sebuah lagu jadi setiap 1-2 kalimat dari lirik lagu dibuat adegan cerita.
g. Chaptered/ Series fic
Seperti novel. Memiliki banyak Chapter konflik boleh lebih dari satu.
h Universe
Ruang, tokoh, dan inti cerita sama, tapi tiap cerita bisa tidak berkesinambungan. Bisa membaca salah satu aja tanpa membaca cerita yang lain. Bisa dibaca sebagai oneshoot. Kalau contoh dalam komik, misalnya Kobo-chan. Tokoh dan konteksnya sama walaupun banyak bagian dalam komik itu, tetapi kita bisa tetap mengerti walau hanya membaca satu bagian saja karena ceritanya tidak bersambung.
i. Crosover
Fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. Misalnya, menggabungkan karakter Harry Potter dengan Prince Of Tennis.

3. GENRE
a. romance
b. Angst/Tragedy
c. Crack/ Humor
d Family
e. AU (Alternatite Universe)
Dimana para tokohnya memiliki latar ataupun keadaan yang sama sekali berbeda dengan aslinya. Contohnya, Byun Baekyun dalam sebuah fanfic dibuat seperti pangeran dan mempunyai istri Author *XD. Contoh lagi, Oh Sehun dibuat menjadi orang miskin dan bukan menjadi salah satu personil EXO.
f. Mystery
g. Dark
h. Fluff
i. Smut

4. AUTHOR NOTE
Ini tidak begitu penting, seorang penulis FF boleh memberi Author note dan boleh tidak. Author Note biasanya berisi tentang curahan hati Author sewaktu membuat FF itu, datangnya ide, dan lain-lain.

5. CAST
Menurut Author, ini lumayan penting. Biasanya seorang penulis mengisi kolom ini dengan bintang/karaker yang ada di dalam FF-nya. Tapi, kalo malas bisa juga seorang penulis mengisi kolom ini dengan: "Find it By Your Self".

6. POSTER FANFICTION
Biasanya, para penulis mengedit sebuah foto/poter untuk dijadikan penghias fanfic tersebut. Dan untuk menarik pembaca. Nih beberapa FanFic Author yang memiliki Poster:







Nah, ada juga Title, nama Author-nya. Meski Title nggak terlalu penting karena sudah tertulis pada judul Fic itu. nah, semoga bermanfaat ya ^^

KETERANGAN LAIN:

Disclaimer : pernyataan untuk mendisclaim sesuatu dalam fanfic bahwa itu bukan orisinil milik kamu. Contohnya tokohnya, ataupun plot ceritanya.
~ Yaoi : Diambil dari istilah subgenre anime Jepang untuk menyebut kisah homoseksual atau BL atau shounen-ai. Yaoi digunakan dalam fanfic untuk kondisi yang sama. Biasa juga disebut Male Slash Fic (singkatnya : pairing boy x boy)
~ Yuri: (Yuri: diambil dari istilah subgenre anime Jepang untuk menyebut kisah lesbian atau shoujo-ai. Biasa disebut Female Slash Fic. (singkatnya : pairing girl x girl)
~ Het : Heteroseksual (Pairing boy x girl)
~ Beta-read : istilah untuk membaca ulang tulisan orang lain. mengubah dan memperbaiki kesalahan diksi, struktur, penggunaan punctuation, huruf besar, keefektifan kalimat, dll. orang yang mem-beta-read dinamakan beta-reader
~ OCs : original characters (karakter orisinil / buatan author)
~ POV : Point of View. Sudut pandang yang dipakai si penulis dalam menjabarkan ceritanya.
_______________________________________________________________________
Penjelasan tentang genre
~ AU [Alternate Universe: universe dimana para tokohnya memiliki latar atau pun keadaan yang sama sekali berbeda dengan aslinya] Contohnya, Kwon Boa dalam suatu fic dibuat meninggal. Padahal dalam kenyataanya masih hidup. Contoh lagi, Jaejoong TVXQ bukan menjadi anggota boyband TVXQ dalam suatu fic. Dalam fic itu, Jaejoong malah menjadi orang miskin]
~ Smut = cerita yg agak mesum mesum gitu
~ Lemon Lime *peace* kita lebih sering nyebutnya NC, kkekeke nama lainnya lemon :D adegan seksual yg dideskripsikan secara eksplisit.
~ Bromance [Brother Romance] ini genre yg mengetengahkan rasa cinta antara saudara. Bukan yaoi juga sebenarnya. Pure rasa sayang sama saudara/teman terdekat yg dianggap saudara.
~ OTP [one true pairing] istilah yg digunakan untuk pairing favorit kita. Kayak KyuWon, KyuMin, HanChul, dll. Bisa juga diganti jadi OT3 ato OT4, semisal EunSiHae gitu
~ OC [Original character] ini adalah karakter fiktif buatan author cerita tersebut. OC dibagi dua, ada OFC [Other Female Character] buat cewek, dan OMC [Original Male Character] buat cowok. Tapi biasanya Cuma ditulis OC aja.
- PWP [Porn Without Plot] ini….taulah sebangsa NC tapi ceritanya ngga ada plotnya. Bisa jadi pure smut.
-  Angst suatu cerita dikategorikan Angst jika cerita itu mengandung perasaan yang berat, depresif. Mixed feeling. Karakter dalam cerita menderita berkepanjangan, kadang berakhir dengan kematian. Tapi ngga semua FF yg ujungnya mati itu Angst
-  Tragedy cerita yang menggambarkan kesedihan, biasanya diakhiri oleh hal-hal tragis (sad-ending).
-  Fluff cerita yg dibawakan berupa kisah romantis yg sugary-sweet. Jadi romantisnya agak gimanaaa gitudan biasanya Happy Ending
- SongFic fanfic yg didasari  pada sebuah lagu sebagai ide ceritanya. bisa menggunakan sebagian lagu atau keseluruhan liriknya.
- Oneshot cerita yang langsung selesai dalam satu bagian. Biasanya ceritanya tidak sekompleks multi-chapter yang memiliki banyak klimaks.
- Ficlet lebih singkat dari oneshot, ceritanya terdiri kurang dari 1000 kata. Lebih dari itu tergolong pada one-shot.
- Drabble  drabble ini FF yg kumpulan katanya sekitar 100 kata, singkat padat jelas dan ringan. Ada sebutan half drabble untuk FF dengan kata sebanyak 50-an, atau double Drabble yg jumlah katanya dua kali lipat dari jumlah normal.
- Mystery dalam cerita jenis ini, si tokoh utama berusaha menemukan clue atau informasi penting yang disembunyikan sampai klimaks. Contohnya cerita detektif, mata-mata, dan cerita kriminal lain.
- Thriller biasanya cerita jenis ini bikin tegang pembacanya. Alurnya cepat, dan penuh kejutan. Bedanya sama mystery, genre ini melibatkan ancaman secara fisik. Misalnya, cerita tentang agen rahasia yang dikejar-kejar karena  menyimpan virus berbahaya, gimana cara dia mengelak, atau menyerang, gimana dia hampir ditangkep (reader udah nahan nafas), eh ternyata berhasil lolos.
- Suspense Istilah suspense menggambarkan ketegangan yang ada dalam suatu cerita. Suspense ga hanya ada di genre thriller, mystery, atau horror, mungkin aja nyelip di ff  romance.
- Horror penuh ketakutan, atau bertujuan untuk menakut-nakuti pembaca, bisa berupa ketakutan terhadap hantu, psikopat, atau lainnya.
Penjelasan tentang Rating
G = General
itu adegannya untuk semua kalangan..
T = Teens
PG 13+ = itu adegannya untuk orang yg berusia 13 tahun ke atas, jg itu touch scene dan tak ada kissing scene..
PG 15+ = itu adegannya untuk orang yg berusia 15 tahun ke atas, jg itu ada kissing dan touch scene..
NC 17+ = itu ada adegan syur tapi tak diceritakan begitu detail, klo horror ya bisa masuk ke situ..
NC 21+ = itu ada adegan syur nya begitu detial, klo horror itu horror nya bener-bener keterlaluan, dan jg ada pemubunuhan dan sadisme di situ..
NC 25+ = itu adegan nya lebih parah dari adegan NC 21+, tp FF yg ber-rate ini jarang ada..



cr: Kyuyoungshipperindo.wp.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

CRACKER Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template